Bu ‘Sandiah’ Kasur

Coba, siapa dari kita yang tak kenal Bu Kasur? Pengarang lagu bawah umur yang legendaris dan seorang tokoh pendidikan anak ini berjulukan asli Sandiah. Nama dan karyanya menjadi sebuah legenda dalam dunia pendidikan.
Sampai menjelang final hayat, Ibu Kasur selalu ingin mendidik anak-anak. Meski belakangan ini tidak lagi eksklusif mengajar, namun masih rutin mengunjungi TK Mini Pak Kasur. Ia selalu erat dengan anak-anak.

Sudah banyak alumninya yang menjadi besar. Diantaranya yaitu ibu Megawati, Guruh, Hayono Isman (mantan Menpora) serta Ateng (pelawak). Juga hampir seluruh cucu bahkan cicit H.M. Soeharto, mantan presiden, sekolah di TK Mini Pak Kasur.
Bu Kasur tidak mengenal kata bosan berkecimpung dalam dunia pendidikan dasar anak-anak. Menurutnya, ada kenikmatan tersendiri dikala mengamati bagaimana bawah umur berkembang dari hari ke hari. Kelucuan, kepolosan bawah umur membuatnya lebih ‘hidup’.
Seperti halnya Pak Kasur, Ibu Kasur juga dikenal sebagai pencipta lagu. Di antara lagu ciptaan almarhumah yang terkenal hingga sekarang yaitu Kucingku, Bertepuk Tangan, dan Main Sembunyi.
Bu Kasur memang dikenal alasannya mengasuh sejumlah program bawah umur di televisi dan juga radio. Dunia bawah umur sepertinya tidak mampu lepas dari kehidupan Bu Kasur dan Suaminya. Dengan penuh kesabaran dan ketulusan, pasangan suami-istri itu membimbing bawah umur berguru bermain. Juga bernyanyi!
Belajar sambil bermain, bermain sambil belajar. Itulah kata kunci yang melandasi teladan pikir dan teladan tindak yang senantiasa dihayati dan dilaksanakan.
“Kesederhanaan Bu Kasur menjadi karakteristik lagu anak-anak. Sederhana lagunya, sederhanya syairnya”