Media presentasi konsep desain arsitektur dengan model maket arsitektur

24 maret 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 – بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Umumnya bagi kami arsitek miniatur bangunan dalam bentuk mini atau lebih kita kenal dengan maket yaitu bukan hal yang gres lagi, maklum saja ini menjadi keseharian bagi para mahasiswa arsitek berjibaku bersama model maket desain arsitekturnya selama berkuliah. Maket bangunan arsitektur sendiri dapat kita definisikan sebagai model miniatur bangunan dengan skala tertentu yang lebih kecil, biasanya berbahan utama kertas karton tertentu, kayu, foam dan yang lainnya.

image courtesy by suckerpunchdaily


image courtesy by architecture.yale
Model maket arsitektur di tujukan sebagai salah satu media komunikasi dalam presentasi karya arsitektur, selain mempermudah para arsitek dalam eksplorasi desainnya, produk final dari maket ini akan sangat membantu klien atau calon klien memahami sebuah konsep atau ide desain yang ingin di munculkan oleh seorang arsitek.

image courtesy by china.org

Salah satu kelebihan presentasi desain arsitektur dengan model arsitektur klient dapat menyaksikan secara realtime perimeter dan envelope bangunan dari banyak sekali sisi, menyentuhnya, melihatnya dari jarak yang sangat akrab dan lainnya. Mispersepsi terhadap bentuk bangunan hampir hampir mampu di pastikan tidak terjadi dengan santunan maket arsitektur ini kira kira begitulah bahasa ringkasnya.

Parahyangan Design Competiton – PARADESC 2016 
Cara Aman Membeli Tanah 
Brick-B Rumah bongkar pasang
Ketahui beberapa hal berikut ini sebelum merencanakan sebuah perumahan
Bagaimana akhirnya jikalau desain arsitektur di desain khusus untuk orang “tuli”. Inspiraif!!!

image courtesy by archivisionmodels

Model maket arsitektur mampu bertema monocromatic mirip pada gambar gambar sebelumnya di atas dan mampu juga tampil mirip tekstur asli yang akan di implementasikan pada bangunan nantinya, Seperti penggunaan beling berwarna, dinding bertekstur beton atau marmer, rumput berwarna hijau dan lain sebagainya. Senada dengan bangunan, landsekapnya juga di buat berusaha mendekati tekstur aslinya, mirip penggunaan paving blok pada pedestrian, penggunaan jalan aspalt, penggunaan tekstur rumput dan pepohonan yang berwarna hijau.

image courtesy by peterfeigenbaum

Model maket juga mampu berupa maket bangunan tunggal, mirip model rumah dan gedung atau berupa model tempat untuk menggambarkan sebuah desain kompleks bangunan bangunan dalam satu tempat atau bahkan menggambarkan kondisi situasi sebuah perencanaan kota baru.

image courtesy by buildyfull

Berbagai wangsit desain dari pallet bekas
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid mungil minimalis

SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Perumahan modern minimalis di gowa sulawesi selatan


https://www.facebook.com/sharer/sharer.php?u=http%3A%2F%2F%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html%3Fspref%3Dfb&t=lingkar+warna+indonesia%3A+Rancang+dan+bangun+sebuah+alternatif+praktek+profe...
https://twitter.com/intent/tweet?text=lingkar%20warna%20indonesia%3A%20Rancang%20dan%20bangun%20sebuah%20alternatif%20praktek%20profe...&url=http%3A%2F%2F%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html%3Fspref%3Dtw&original_referer=http%3A%2F%2F%2F2015%2F10%2Fdesign-and-build-sebuah-alternatif-praktek-profesi-arsitektur.html

Custom Search