3 Cara Merubah Jaringan Edge Ke 3G Hsdpa & 4G Lte

Halo kawan, Pada goresan pena ini saya akan mengembangkan beberapa tutorial bagaimana cara merubah sinyal HP atau ganti jaringan EDGE menjadi 3G (HSDPA) dan 4G LTE pada smartphone atau tablet Android. Perkembangan teknologi memang sangat pesat sekali, melihat banyak ponsel gres yang diluncurkan dengan didukung jaringan 4G LTE. Bukan hanya itu, bahkan hampir semua promo dan layanan paket internet data seluler semua operator di optimalkan untuk jaringan 4G, baik pada jaringan GSM maupun CDMA termasuk telkomsel, indosat, smartfren dan operator seluler yang lainnya juga ikut menawarkan kuota besar-besaran untuk jaringan 4G. Sayangnya niscaya masih banyak HP temen-temen yang belum mendukung jaringan 4G. Ada juga yang sudah support 4G namun lokasi rumah di tempat 4 masih belum terjangkau jaringan 4G.

Banyak sobat yang bertanya bagaimana sih cara mengubah sinyal HP? Kok sinyalku munculnya E terus. Padahal sudah di setting ke jaringan WCDMA Only. Termasuk saya pribadi pernah mengalami hal tersebut. Saya sudah mengatur sinyal ponselku ke 3G Only tetapi munculnya tetap E. Ada beberapa penyebab yang menyebabkan sinyal jaringan HP Anda tidak dapat berubah padahal sudah di atur tetapi tetap munculnya jaringan 2G / EDGE, penyebabnya antara lain ialah lantaran kondisi jaringan di tempat Anda yang masih belum mendukung jaringan 3G atau 4G, mungkin lokasi tower jauh dari tempat Anda.

Ada juga yang salah pada pengaturan ponsel Anda, biasanya ini terjadi pada ponsel yang memakai 2 kartu sim, sama menyerupai yang saya alami di ponsel samsung galaxy grand 2 duos. Terkadang susah sekali ganti jaringan ke 3G padahal sudah saya atur ke hanya pada jaringan 3g. Kasusnya menyerupai ini: kalau sim yang saya gunakan untuk internetan saya pasang pada sim 2, itu sinyalnya susah sekali, tetapi bila saya pasang pada sim 1 atau sim utama itu lancar jaya tanpa ada masalah. Bahkan tanpa saya atur sudah otomatis menjadi jaringan H+.

Baca Juga:  Nama Android 'O' Ternyata Bukan 'Oreo' Tapi Ini Dia

Maka dari itu, saya ingin menawarkan tips untuk merubah sinyal HP Edge yang nakal gak mau di ubah ke  H+. Ada 3 cara yang dapat kau gunakan untuk mengubah jaringan smartphone kamu. Berikut caranya.

 Pada goresan pena ini saya akan mengembangkan beberapa tutorial bagaimana cara merubah sinyal HP ata 3 Cara Merubah Jaringan EDGE ke 3G HSDPA & 4G LTE

Cara Merubah Sinyal EDGE menjadi 3G / HSDPA (H+) dan 4G LTE.

Cara 1) Merubah sinyal HP melalui Pengaturan

Ini merupakan cara yang paling mudah. Untuk merubah jaringan ponsel melalui pengaturan dapat Anda ikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Buka sajian Pengaturan atau Settings pada ponsel Anda.
  2. Pilih sajian Jaringan Seluler
  3. Kemudian pilih Mode Jaringan SIM 1 atau 2.
  4. Ada banyak pilihan, mulai dari LTE/CDMA/GSM hingga hanya GSM, pilih yang WCDMA saja biar sinyal tidak berubah-ubah secara otomatis.
  5. Tunggu hingga jaringan bermetamorfosis H+. dan Selesai!
 Pada goresan pena ini saya akan mengembangkan beberapa tutorial bagaimana cara merubah sinyal HP ata 3 Cara Merubah Jaringan EDGE ke 3G HSDPA & 4G LTE

Cara 2) Merubah Sinyal HP melalui Panggilan Telepon / Dialer

Ini sebagai solusi untuk sinyal hp yang susah diganti menyerupai hp saya sudah tak ganti ke jaringan 3G only tetapi masih nakal munculnya E melulu. Dan juga solusi untuk mengatasi sinyal HP yang sering berubah-ubah, terkadang E dan berubah jadi H+ atau bahkan sebaliknya.

  1. Buka Dialer di ponsel kamu.
  2. Ketik *#*#4636#*#* dan panggil atau call
  3. Akan muncul sajian Testing, pilih Phone information atau Tablet information
  4. Pada layar Phone info, geser ke bawah untuk melihat sajian dropdown “WCDMA Preferred” yang ada di kepingan “Set preferred network type“, sentuh sajian tersebut maka akan muncul pilihan jaringan yang support dengan ponsel Anda. 
  5. Secara default akan diatur pada mode wcdma preferred yang menyebabkan jaringan akan sering atau dapat berubah sendiri seara otomatis dari gprs, edge, ke 3G, hspa dan sebaliknya. Pada sajian pilihan ini, silahkan pilih WCDMA Only.
  6. Dan sesudah kau pilih WCDMA Only maka secara otomatis jaringan akan berubah ke 3G saja, saya sudah mempraktekkan cara ini dan sinyal pada hp saya sudah tidak nakal dan tidak sering berubah-ubah sendiri.
 Pada goresan pena ini saya akan mengembangkan beberapa tutorial bagaimana cara merubah sinyal HP ata 3 Cara Merubah Jaringan EDGE ke 3G HSDPA & 4G LTE

Cara 3) Merubah Sinyal HP memakai aplikasi

Saya merasa cara no 2 sangat ribet ya, lantaran kita harus melaksanakan panggilan pada aba-aba diatas yang luamayan panjang, dan itu dilakukan setiap kita ingin mengganti sinyal. Dan ternyata sudah ada aplikasi yang dapat melaksanakan fungsi menyerupai pada cara 2 diatas. Aplikasi ini dapat kau download secara gratis di Google Play Store, berikut caranya.

  1. Buka Play Store, kemudian cari aplikasi “Fix 3G 4G Connection Free” dan install.
  2. Setelah di Install buka aplikasi tersebut dan kau pribadi menuju langlah 2 tanpa harus melaksanakan panggilan dengan mengetikkan aba-aba menyerupai cara 2 yang berdasarkan saya terlalu ribet. Kaprikornus Anda tinggal membuka aplikasi ini dan dapat pribadi menuju layar Testing menyerupai cara diatas.
  3. Mudah kan!
 Pada goresan pena ini saya akan mengembangkan beberapa tutorial bagaimana cara merubah sinyal HP ata 3 Cara Merubah Jaringan EDGE ke 3G HSDPA & 4G LTE

Sangat gampang sekali, dengan mengikuti beberapa panduan diatas semoga dapat mengatasi duduk kasus sinyal jaringan di ponsel atau tablet Anda. Perlu dicatat bahwa cara diatas hanya merubah jaringan di smartphone Anda, bukan untuk mempercepat koneksi internet yang lemot. Koneksi jaringan internet yang lemot dapat disebabkan lantaran sinyal di tempat Anda yang lemah. Tetapi tidak ada salahnya mencoba beberapa cara diatas, siapa tahu koneksi internet di hp kau dapat lebih cepat dan lancar. Silahkan dicoba dan jikalau kalian punya pertanyaan atau pengalaman lain seputar merubah jaringan di ponsel Anda, share ya di kolom komentar! Semoga bermanfaat.
Sumber http://www.caratutorial.com