Beasiswa S1, D3, D2 Ke Jepang Buat Lulusan Sma

Pendaftaran beasiswa kuliah ke Jepang kembali dibuka. Tawaran ini mencakup beasiswa S1, D3, dan D2 yang ditujukan bagi para lulusan SMA/sederajat. Masa pendaftaran dibuka sampai 14 Juni 2013. Anda yang sudah menunggu peluang ini, saatnya mencoba. Siapa tahu terpilih. Impian kuliah ke Jepang pun terwujud.

Para lulusan SLTA nantinya bisa menentukan apakah melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1), College of Technology (D-3), atau Professional Training College (D-2) di Jepang.

Program
Undergraduate (S-1)
Masa studi 5 tahun termasuk 1 tahun berguru Bahasa Jepang (kecuali jurusan kedokteran umum, gigi, hewan, dan sebagian farmasi usang masa studi ialah 7 tahun).
     
1. Syarat:    
Lulusan SLTA; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,4; lahir antara 2 April 1992 dan 1 April 1997. Bagi pelamar S-1 IPS, bisa mendaftar dengan JLPT level N3 atau lebih. Pelamar SLTA jurusan IPS tidak bisa mendaftar IPA.
2. Materi ujian tertulis:
    IPS     : Bahasa Inggris, Matematika dan Bahasa Jepang (bagi pendaftar dengan JLPT)
    IPA-a : Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Fisika
    IPA-b,c : Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Biologi
3. Pilihan jurusan:
    IPS : Laws, Politics, Pedagogy, Sociology, Literature, History, Japanese language,  Economics, Business Administration, and others.
   IPA-a  : Science (Mathematics, Physics, Chemistry); Electric and Electronic Studies (Electronics, Electrical Engineering, Information Engineering); Mechanical Studies (Mechanical Engineering, Naval Architecture); Civil Engineering and Architecture (Civil Engineering, Architecture, Environmental Engineering); Chemical Studies (Applied Chemistry, Chemical Engineering, Industrial Chemistry, Textile Engineering); and other fields (Metallurgical Engineering, Mining Engineering, Maritime Engineering, Biotechnology)
  IPA-b : Agricultural Studies (Agriculture, Agricultural Chemistry, Agricultural Engineering, Animal Science, Veterinary Medicine, Forestry, Food Science, Fisheries); Hygienic Studies (Pharmacy, Hygienics, Nursing); Science (Biology)
  IPA-c : Medicine; Dentistry

Baca Juga:  Beasiswa Kuliah S1 Di Universitas Jepang 2018

College of Technology (D-3)
Masa studi 4 tahun termasuk 1 tahun berguru Bahasa Jepang. College of Technology mempunyai jadwal 5 tahun yang dirancang bagi lulusan SLTP. Siswa peserta Beasiswa Monbukagakusho (lulusan SLTA) akan masuk College of Technology sebagai mahasiswa tahun ketiga. Studi teknik sebagian besar terdiri dari eksperimen / percobaan dan latihan-latihan praktek. Lulusan dari sekolah ini diperlukan menjadi mahir teknik (engineer).
     
1. Syarat:    
Lulusan SLTA Jurusan IPA; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1992 dan tgl. 1 April 1997
2. Materi ujian tertulis:
Matematika dan Kimia/Fisika (tergantung kategori jurusan ibarat tertulis di bawah)
3. Pilihan jurusan:
Kimia: Jurusan yang terkait pada bidang kimia ibarat “Materials Engineering” dll.
Fisika : Jurusan lain ibarat “Mechanical Engineering”, “Electrical and Electronic Engineering”, “Information, Communication, and Network Engineering”, “Architecture and Civil Engineering”, Maritime Engineering” dll.

Specialized Training College (D-2)
Masa studi 3 tahun termasuk 1 tahun berguru Bahasa Jepang. Specialized Training College terpisah dari sistem pendidikan Jepang yang biasa. Sekolah ini mengatakan training mudah kejuruan.
     
1. Syarat:    
Lulusan SLTA; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1992 dan tgl. 1 April 1997. Bagi pelamar D-2 IPS, bisa mendaftar dengan JLPT level N4 atau lebih.
2. Materi ujian tertulis:
Bahasa Inggris, Matematika dan Bahasa Jepang (bagi pendaftar dengan JLPT)
3. Pilihan jurusan:
    IPA : Civil Engineering and Architecture; Electrical and Electronic Engineering; Wireless Communication; Computer; Information Processing.
    IPS : Nourishment; Cooking; Nursery Teacher Training; Nursing Welfare; Social Welfare; Management; Travel; Bussiness; Harmony Dressmaking; Music; Art; Design; Photograph; dll

 Catatan :
 1. Bagi sekolah yang tidak memakai standar nasional (misalnya dengan standard IB), nilai akan disetarakan sesuai di atas.
 2. Semua soal ujian dalam bahasa Inggris.
 3. Lulusan dari S-1 bisa meneruskan ke S-2, dan lulusan D-3 dan D-2 bisa meneruskan ke S-1 sebagai siswa tahun ketiga. Namun untuk melanjutkan beasiswa, tergantung pada prestasi dan hasil seleksi. Para siswa tentunya harus mengikuti ujian masuk dan masa perpanjangan beasiswa maksimal 2 tahun.

Baca Juga:  Beasiswa S2 Fashion Dan Desain Di Italia Dan Spanyol

Fasilitas
1. Bebas biaya ujian masuk, biaya kuliah dan uang pendaftaran
2. Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) – Jepang
3. Tunjangan ¥117.000/bulan (Besar pertolongan tahun 2013. Untuk tahun 2014 dan tahun selanjutnya ada kemungkinan mengalami perubahan)
4. Tanpa ikatan dinas

Prosedur pendaftaran
1. Masa pendaftaran: Pendaftaran Tahap 1 mulai 1 Mei s/d 24 Mei 2013 untuk lulusan 2012 dan sebelumnya, dan Pendaftaran Tahap 2 mulai 27 Mei s/d 14 Juni 2013 untuk lulusan 2013. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan boleh mendaftar.
2. Pelamar melaksanakan pendaftaran di http://www.beasiswamext.or.id.
    Setiap pelamar hanya boleh mendaftar 1 jadwal saja.
3. Pelamar mencetak [Data Pendaftar] yang dikirimkan ke email pelamar, ditempelkan foto, dan dikirimkan beserta fotokopi nilai Ujian Nasional yang dilegalisir (bisa memakai dokumen sementara dari sekolah apabila nilai orisinil dari Kemdiknas belum keluar) dan fotokopi akta kemampuan bahasa Jepang (untuk pendaftar dengan JLPT), ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Dokumen bisa diantar eksklusif atau dikirimkan via pos ke :
    Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
    Jl. M.H.Thamrin 24 Jakarta 10350
    (Cantumkan nomor pendaftaran pada Kanan Amplop dan dokumen pelengkap)
4. Dokumen harus sudah datang maksimal tanggal 24 Mei 2013 untuk tahap 1 dan 14 Juni 2013 untuk tahap 2.
5. Hanya pelamar dengan dokumen lengkap akan kami proses. Dokumen yang dikirimkan tidak akan dikembalikan.

Prosedur  seleksi
1. Pengumuman seleksi dokumen akan ditampilkan di website kedutaan Jepang tanggal 1 Juli 2013. Bagi yang lolos seleksi dokumen akan dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis (8 / 9 Juli 2013).Tidak semua pelamar akan dipanggil ujian tertulis.
2. Mereka yang lulus ujian tertulis akan dipanggil untuk wawancara di Jakarta (dalam bahasa Indonesia) bulan Agustus. Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.
3. Mereka yang lolos seleksi di Monbukagakusho akan menjadi peserta beasiswa. Penetapan peserta beasiswa ditentukan pada bulan Januari 2014. Bagi peserta yang lolos, akan berangkat ke Jepang pada awal april 2014.

Baca Juga:  Beasiswa Mitsui-Bussan 2018 – Beasiswa S1 Di Jepang

Informasi lebih lanjut bisa ditanyakan eksklusif ke kantor Kedubes Jepang di alamat di atau menghubungi melalui telepon: +62-21-31924308. Web: http://www.id.emb-japan.go.jp/home.html. Selamat mencoba!  


Sumber https://www.beasiswapascasarjana.com