Cara pembuatan sistem irigasi/drip system/dutch bucket, modal hanya 132 ribu

Berikut ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat sistem irigasi/drip system/dutch bucket dengan menggunakan bejana bekas ice cream, sistem ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada tanaman yang berbuah ibarat tomat, cabai, dll, tentu saja dengan alat dan materi yang mudah ditemui dipasaran, sistem ini akan sangat mudah Anda aplikasikan dirumah.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat  sistem irigasi/drip system/dutch bucke ialah sebagai berikut:
1. Siapkan peralatan dan materi ibarat gergaji, meteran/penggaris, pensil, bejana bekas ice cream, stick drip (5mm), selang irigasi (5mm), nepel ulir (5mm), verlop ring 1″ x 3/4″ (sesuai kebutuhan), knee 1″ ulir dalam (sesuai kebutuhan), hand bor, hole saw 32mm, hole saw 64mm, saletip pipa, kain flanel, netpot besar.
2. Setelah semua peralatan dan materi siap langkah selanjutnya ialah melaksanakan pengeboran pada bejana bekas ice cream dengan hole saw 32 mm yang nantinya akan menjadi daerah verlop ring 1″x3/4″ diletakkan, pertama-tama ukur bejana untuk mengetahui titik tengah dimana nantinya verlop ring ditempatkan, setelah menerima titik tengah tersebut maka lakukan pengeboran dan pasang verlop ring dilubang yang sudah dibuat.

3. Setelah verlop ring terpasang dengan baik, langkah selanjutnya ialah melaksanakan pengeboran pada tutup bejana bekas ice cream dengan menggunakan hole saw 64 mm yang nantinya akan digunakan untuk daerah netpot, sama ibarat pelubangan untuk verlop ring pertama-tama yang harus dilakukan ialah mencari titik tengah dari tutup bejana tersebut, setelah menerima titik tengah dari tutup bejana tersebut eksklusif lakukan pengeboran dengan menggunakan hole saw 64 mm.

4. Setelah pengeboran tutup bejana tamat dilakukan langkah selanjutnya ialah menunjukkan saltip pada ulir luar verlop ring 1″x3/4″ untuk mencegah kebocoran, setelah itu pasang knee ulir dalam ukuran 1″ kedalam verlop ring tersebut, dan berikan kain flanel pada netpot, dan satu sistem irigasi telah tamat Anda buat.

5. Langkah selanjutnya ialah melaksanakan instalasi keseluruhan sistem yang telah Anda buat dengan menambahkan pecahan pipa 1″ dan juga knee dan tee 1″ (sesui kebutuhan desain Anda) untuk akses pembuangan air menuju kolam penampungan nutrisi.

6. Setelah instalasi pipa pembuangan air yang menuju ke kolam penampungan air nutrisi selesai, langkah selanjutnya ialah instalasi selang irigasi (5mm) kemasing-masing ember, maka siapkan pipa ukuran 1″ yang ujungnya sudah disumbat dengan dop ukuran 1″ dan letakkan dibelakan masing-masing ember, kemudian lakukan pengeboran pada pipa tersebut degan mata bor 3mm, diusahakan bor pipa sempurna ditengah-tengah posisi ember, kemudian panaskan pipa yang sudah dilubangi tersebut dengan menggunakan korek api, lalu selagi masih hangat masukan nepel ulir 5mm kedalam lubang hingga setengah kedalaman (hati-hati jangan terlalu besar lengan berkuasa memasukannya kemungkinan gagal besar jikalau dilakukan) setelah pipa masbodoh putar nepel ulir 5mm tersebut hingga kencang, setelah kencang Anda mampu menambahkan lem untuk lebih memperkuat, setelah besar lengan berkuasa Anda tinggal memasukan selang irigasi kedalam ujung nepel ulir 5mm yang sudah terpasang pada pipa, kemudian berikan stick drip pada selang irigasi tersebut dan masukan kedalam netpot.

Bagaimana cukup mudah kan?tidak perlu mengelurkan uang yang banyak Anda sudah mampu mengaplikasikan sistem ini dirumah, Ayo….!!!segera diaplikasikan, selamat mencoba, supaya sukses, hijaukan indonesia.

Berikut ini video tutorialnya


Sumber http://www.tanamanhidroponikku.com/