Daftar Beasiswa Erasmus Mundus Master/Doktor

Ratusan Beasiswa Erasmus Mundus atau kini disebut Erasmus Plus (Erasmus+) sudah ramai ditawarkan. Beasiswa tersebut tersedia melalui masing-masing konsorsium yang telah ditunjuk. Mahasiswa non Eropa, contohnya dari Indonesia sangat berpeluang memperoleh beasiswa Erasmus+ ini. Selain alasannya kuotanya cukup banyak (menyebar), umumnya beasiswa juga mempertimbangkan asal undangan kandidat, contohnya dari negara berkembang, kategori berpenghasilan menengah ke bawah, belum pernah menetap/studi di Eropa, dll. 
Dua peluang beasiswa Erasmus Mundus sebelumnya, beasiswa IMRD dan EMLE yaitu di antara dari sekitar 138 jenis beasiswa kegiatan master yang ditawarkan konsorsium. Sementara, ada puluhan beasiswa kegiatan doktor yang juga dibuka hampir bersamaan. Menjabarkan satu per satu di laman ini akan sangat tidak efektif alasannya keterbatasan deadline.
Beasiswa Erasmus Mundus ini sanggup dilihat eksklusif melalui situsnya yang menyediakan daftar beasiswa Erasmus Mundus Master (Action 1 – EMMCs) dan beasiswa Erasmus Mundus doktor (Action 1 – EMJDs). Program master/doktor yang ditawarkan beragam, ibarat teknik, manufaktur, konstruksi, humaniora, seni, ilmu sosial, bisnis, hukum, pertanian, peternakan, kesehatan, sains, matematika, dan komputer. Beberapa kegiatan yang ditawarkan konsorsium mungkin hampir serupa.
Beasiswa yang diperoleh nantinya sudah meliputi biaya kuliah, pinjaman bulanan, asuransi, biaya perjalanan, dll. Total yang diterima sekitar 24.000 Euro per tahun dan berlaku untuk kelipatan tahun berikutnya.
Persyaratan:
Mahasiswa/i:
1. Warga negara yang berasal dari negara-negara di luar Uni Eropa
2. Tidak terdaftar sebagai penduduk di Negara Anggota Uni Eropa manapun
3. Belum pernah melaksanakan kegiatan utamanya (kuliah, bekerja, dll) selama lebih dari 12 bulan dalam 5 tahun terakhir di Negara Anggota Uni Eropa
4. Telah menuntaskan pendidikan tingkat S1. Bagi mereka yang telah mendapat gelar kesarjanaan pada tingkat akademik yang lebih tinggi juga sanggup mendaftar pada Program Magister Erasmus Mundus, selama kriteria penerimaan untuk kegiatan tertentu memperbolehkannya
5. Telah diterima atau telah terdaftar pada sebuah Program Magister Erasmus Mundus

Baca Juga:  4 Pantangan Pengobatan Ibu Hamil

Akademisi:
1. Warga negara yang berasal dari negara-negara di luar Uni Eropa
2. Bukan terdaftar sebagai penduduk di Negara Anggota Uni Eropa manapun;
3. Belum pernah melaksanakan kegiatan utamanya (kuliah, bekerja, dll) selama lebih dari 12 bulan dalam 5 tahun terakhir di Negara Anggota Uni Eropa
4. Memiliki pengalaman akademik dan/atau profesional yang sangat baik;
5. Akademisi dan tenaga profesional yang mengajar atau melaksanakan penelitian.

*Lebih detil tersedia di masing-masing website konsorsium

Pendaftaran:
Pemohon sanggup mendaftar eksklusif ke masing-masing website konsorsium. Umumnya dilakukan secara online dengan melengkapi dokumen yang mereka minta. Deadline registrasi sanggup berbeda alasannya ini kebijakan masing-masing konsorsium. Begitu pun dengan persyaratan teknis. 

Tips dan saran:
1. Tetapkan terlebih dahulu jurusan, universitas, atau negara yang Anda minati
2. Lihat jumlah kuota beasiswa dari konsorsium. Semakin banyak lebih baik
3. Lihat apakah Anda memenuhi kriterianya
4. Salin alamat website, brosur, email, atau telpon,  untuk login/komunikasi sewaktu-waktu
5. Mendaftar lebih cepat lebih baik


Sumber https://www.beasiswapascasarjana.com