Menampilkan Recent Post Dengan Feed Blogger

Update : 26 Februari 2015, menambahkan recentpost by label.

Semenjak aku mengganti template blog ini menjadi template milik mas sugeng yang 2015 yang dulunya premium dan kini telah menjadi freemium, hehe 😀 aku sangat ingin tau menampilkan recent post yang ada dibawah postingnya itu loh sobat. Apa lagi dikala aku lihat di demonya ada tuh recent post, dan pas aku pakai gak ada pengaturan maupun script khusus untuk itu, wah aku sangat ingin tau waktu itu.

Sampai-sampai aku telah bertanya dari grup ke grup hingga kesannya aku bertanya eksklusif dengan mas sugengnya alasannya ialah frustasi, dan dibalas sekitar 3 jam setalh aku PM ia di fanspagenya (yang penting dibalas aja 😀 ). Ternyata dari balasan beliau, sehabis aku bertanya “Mas bagaimana cara menampilkan recent post atau recent post by label di template mas sugeng 2015 ?, aku udah pusing mas nyari caranya :(, terima kasih mas“.
Mas sugeng pun membalas PM aku dengan sedikit kata-kata dan menyertakan link, “Itu menggunkan feed blogger mas, ini baca mas [link]“, dan aku coba langsung, dan ternyata berhasil sobat. Mantap bener, itu ilmu gak seberapa berdasarkan sobat, namun sangat berarti buat aku pribadi.
Nah, buat sahabat yang belum tahu dan ingin tahu aja yah nih aku akan menunjukkan tutorial mengaktifkan fitur feed blogger serta cara menggunakannya. Untuk DEMO sahabat dapat lihat pada blog aku ini Saya sudah ganti template. Kelebihannya dengan cara ini ialah recent post akan lebih ringan, alasannya ialah tidak memakai javascript ataupun jquery menyerupai widget yang telah tersebar di google sobat.
1. Masuk ke bab Dashboard > Tata Letak > Tambah Gadget sehingga sahabat akan menemukan tampilan berikut : 

2. Setelah itu sahabat dapat lanjut klik bab Feed untuk masuk kebagian menyerupai gambar berikut sobat.

Pada gambar diatas, sahabat hanya perlu mengisi bab “URL Feed” dengan alamat blog yang ingin sahabat buatkan feednya, dengan kata lain artikel gres akan tampil sesuai alamat yang tertera pada url feed ini.

Jika sahabat ingin menciptakan menyerupai recent post, atau postingan terbaru sahabat untuk blog sahabat sendiri, sahabat dapat memasukkan alamat blog sahabat sendiri.

Baca Juga:  Script Menunda Pemuatan Gambar Posting Blogger

Namun jka sahabat ingin menampilkan recentpost by label yaitu sesuai dengan label yang sahabat pilih, dengan artian tidak menjadi postingan terbaru, sahabat hanya perlu menambahkan /-/NamaLabel dari feed default yang kita buat sobat. Menjadi menyerupai berikut.

Untuk yang nama labelnya mempunyai spasi harus menambahkan %20 untuk menggantikan spasinya. Sebagai contoh, kita akan buatkan label dari Tips Trik, jadi penulisannya dalam feednya menjadi Tips%20Trik.

3. Tahap selanjutnya sahabat akan memasuki tampilan berikut, dan dapat memakai beberapa pengaturan.

Keterangan konfigurasi :
  • Judul : Bisa sahabat ganti sesuai judul yang sahabat inginkan.
  • Tampilkan : Sobat dapat menampilkan maksimal 5 item atau postingan, dan sahabat juga dapat menampilkan Tanggal item, Sumber/pengarang postingan, dan yang terakhir pilihan biar link terbuka di tab baru, seusaikan dengan selera sobat.
  • Pratinjau : Ini untuk preview tampilannya nati sobat.
  • Ubah URL Feed : Untuk menggubah URL atau alamat feed sobat, mau dibentuk by lebel atau tidak, dengan ini akan lebih gampang tanpa menciptakan feed baru. Tinggal edit aja bab ini.
Simpan widget tersebut sobat, dan coba lihat pada blog sobat. Widget feed ini akan sudah tampil dengan baik pada blog sobat. Kurang lebih tampilannya menyerupai di blog aku ini sobat, menyerupai berikut. Menurut aku kelebihan memakai cara ini ialah lebih ringan.

4. Tampilan diatas sudah aku modifikasi sedikit sobat, namun untuk sahabat yang memakai template mas sugeng, tampilannya tidak akan jauh berbeda. Itu aku menciptakan dua feed, satu dari blog competitiv ini dan satu lagi dari blog linux aku sobat. Saya rasa sahabat sudah mengerti yah, semoga artikel “Menampilkan Recent Post Dengan Feed Blogger” ini bermanfaat.. ^_^


Sumber https://www.iwanberbagi.com