Protokol H.323

Protokol H.323 merupakan suatu standar ITU-T (International Telecomunications Union – Telecomunications) yang menentukan komponen protokol, dan prosedur yang menyediakan layanan komunikasi multimedia, yaitu komunikasi audio, video dan data real-time (waktu nyata), melalui jaringan berbasis paket (packet-based network). Jaringan tersebut antara lain Internet Protocol (IP), Internet Packet eXchange (IPX), Local Area Network (LAN), Enterpraise Network (EN), Metropolitan Area Network (MAN) dan Wide Area Network (WAN).

H.323 dapat diterapkan pada aneka macam aplikasi komunikasi yaitu bunyi saja (IP Telephony), bunyi dan gambar (Video Telephony), bunyi dan data, dan juga sua, gambar dan data. H.323 juga mampu diterapkan dalam point-to-point dan juga mampu digunakan dalam aplikasi multipoint conference.

Komponen dan Topologi Jaringan H.323

Standar H.323 terdiri dari empat buah komponen yang disatukan dalam suatu jaringan akan menunjukkan komunikasi point-to-point dan multipoint conference. Komponen jaringan H.323 terdiri dari terminal, gateway, gatekeeper dan Multipoint Control Unit (MCU)

Arsitektur H.323
Arsitektur H.323

1. Terminal 

Terminal atau endpoint menyediakan komunikasi real-time. Terminal paling sedikitnya harus mendukung komunikasi bunyi dan dapat juga mendukung komunikasi video atau data. Umumnya terminal H.323 ialah aplikasi yang berjalan di PC misalnya Microsoft NetmeetingTM.

2. Gateway 

Menyediakan layanan pada klien H.323 sehingga dapat berkomunikasi dengan entitas yang bukan-H.323. Tipe umum dari gateway H.323 ialah untuk menghubungkan terminal H.323 dengan telepon di PSTN.

3. Gatekeeper

Menyediakan layanan kendali panggilan untuk endpoint H.323, ibarat translasi alamat dan administrasi bandwidth. Gatekeeper mampu ada atau tidak, pada jaringan H.323. Jika gatekeeper ada dalam jaringan, setiap endpoint dalam jaringan tersebut harus menggunakan layanannya. H.323 menjelaskan layanan yang harus disediakan oleh gatekeeper dan layanan lainnya yang dapat disediakannya.

Baca Juga:  Domain Name System (DNS)

4. Multipoint Control Unit (MCU)

Menyediakan pemberian untuk konferensi tiga atau lebih endpoint. Sebuah MCU mengatur sumberdaya untuk konferensi, negosiasi antar endpoint. Negosiasi diharapkan untuk menentukan codec audio dan video yang dipakai, dan yang boleh atau tidak boleh ditangani dalam pedoman media.

Daftar Pustaka

  • Tharom, Tabratas, dan Purbo W. Onno, “Teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol)”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2001.